SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi :
S-1 Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.
Kompetensi
Mampu memahami Akuntansi
dan lingkungannya
B.
Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan
aktivitas perusahaan dan organisasi, perbedaan akuntansi dan pembukuan,
kegunaan informasi akuntansi dan pemakai informasi akuntansi, IFRS dan PSAK
C.
Materi
1.
Aktivitas perusahaan dan organisasi
- Perbedaan
antara Akuntansi dan pembukuan
- Kegunaan informasi akuntansi
- Pemakai
informasi akuntansi
- Spesialisasi
Bidang bidang akuntansi
- Profesi
akuntansi
- Etika profesi akuntan
- Perbedaan
antara IFRS dan PSAK
D.
Pendekatan/Model/Metode
1.
Model Pembelajaran Kooperatif
2.
Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.
E.
Langkah- Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
|
1.
Apersepsi: dosen menjelaskan mengenai silabus perkuliahan selama
satu semester, kemudian menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang aktivitas perusahaan.
|
|
2. Memotivasi:
mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa
tentang kegunaan informasi akuntansi dan penguna informasi akuntansi, profesi
akuntansi
|
|
3.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
|
4.
Dosen
menjelaskan pencatatan akuntansi dalam perusahaan,
aturan dalam IFRS dan PSAK
|
|
5. Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
|
6. Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.
Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah
disampaikan.
8.
Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu membuat
makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan secara nyata
dalam kehidupan sebenarnya
|
|
F.
Media/Sumber Belajar
a.
Media
- LCD
- Power point
- White Board
b.
Sumber Belajar
1. IAI,
2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2. Jerry J. Weygant, Donald.
D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting
Principles. Edisi ke 7
3. Rudianto.
2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1
Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi
: Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi
: Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar
Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al –
Haryono Yusuf
- Dasar
Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al –
Haryono Yusuf
G.
Penilaian
a. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 2
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.
Kompetensi
1. Mampu memahami
Konsep Kerangka Dasar Akuntansi
B.
Indikator Kompetensi
Mampu mendeskripsikan
prinsip akuntansi, konsep dasar harga perolehan, fair value, harga pasar,
siklus akuntansi
C.
Materi
- Prinsip prinsip Akuntansi
- Konsep Dasar Harga Perolehan
- Konsep dasar Fair value
- Konsep dasar harga pasar
- Tingkat bunga pasar
- Cost
of capital
- Siklus Akuntansi
D. Pendekatan/Model/Metode
1.
Model Pembelajaran Kooperatif
2.
Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.
E.
Langkah- Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
|
1.
Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan
mahasiswa tentang prinsip-prinsip
akuntansi
|
|
2. Memotivasi:
mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa
tentang siklus akuntansi
|
|
3.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
|
4.
Dosen
menjelaskan tentang konsep dasar harga perolehan, fair value, harga pasar, cost of capital.
|
|
5. Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
|
6. Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.
Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah
disampaikan.
|
|
F.
Media/Sumber Belajar
a.
Media
- LCD
- Power point
- White Board
b.
Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta:
Ikatan Akuntan Indonesia.
2. Jerry J. Weygant, Donald.
D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting
Principles. Edisi ke 7
3. Rudianto.
2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1
Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi
: Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi
: Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar
Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al –
Haryono Yusuf
- Dasar
Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al –
Haryono Yusuf
G.
Penilaian
a. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 3
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.
Kompetensi
Mampu
memahami Persamaan Dasar Akuntansi
B.
Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan konsep keseimbangan
akuntansi, asset, liabilitas, dan equity.
C.
Materi
- Konsep
Keseimbangan Akuntansi
- Aset
- Liabilitas
- Equity
D. Pendekatan/Model/Metode
1.
Model Pembelajaran Kooperatif
2.
Metode: diskusi dan pemberian tugas.
E.
Langkah- Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 3
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
|
1.Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan
mahasiswa tentang konsep keseimbanan
akuntansi
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang persamaan dasar akuntansi
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
|
4.Dosen
menjelaskan tentang asset, liabilitas, equity.
|
|
5.Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
|
6. Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
F.
Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah
disampaikan.
|
|
F. Media/Sumber
Belajar
1.
Media
i.
LCD
ii.
Power point
iii.
White Board
2.
Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta:
Ikatan Akuntan Indonesia.
2. Jerry J. Weygant, Donald.
D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting
Principles. Edisi ke 7
3. Rudianto.
2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1
Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi
: Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi
: Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar
Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al –
Haryono Yusuf
- Dasar
Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al –
Haryono Yusuf
G.
Penilaian
a. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 4
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.Kompetensi
Mampu memahami pembuatan
jurnal, rekening dan posting buku besar
B. Indikator
Kompetensi
Mampu menjelaskan
C. Materi
- Transaksi Keuangan
- Jurnal Umum
- Aturan penjurnalan
- Bentuk Rekening
- Pengelompokkan Rekening
- Aturan pemostingan
D. Pendekatan/Model/Metode
1.
Model Pembelajaran Kooperatif
2.
Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.
E. Langkah-
Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
|
1.Apersepsi: dosen menjelaskan transaksi keuangan.
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang pencatatan atas transaksi keuangan
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
|
4.Dosen
menjelaskan jurnal umum, pengelompokan rekening, posting ke Buku besar.
|
|
5.Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
|
6.Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang
telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu
membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan
secara nyata dalam kehidupan sebenarnya
|
|
F.
Media/Sumber Belajar
- Media
i.
LCD
ii.
Power point
iii.
White Board
- Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta:
Ikatan Akuntan Indonesia.
2. Jerry J. Weygant, Donald.
D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting
Principles. Edisi ke 7
3. Rudianto.
2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1
Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi
: Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi
: Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar
Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al –
Haryono Yusuf
- Dasar
Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al –
Haryono Yusuf
G.Penilaian
a. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan