SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi :
S-1 Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.
Kompetensi
Mampu memahami Akuntansi
dan lingkungannya
B.
Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan
aktivitas perusahaan dan organisasi, perbedaan akuntansi dan pembukuan,
kegunaan informasi akuntansi dan pemakai informasi akuntansi, IFRS dan PSAK
C.
Materi
1.
Aktivitas perusahaan dan organisasi
- Perbedaan antara Akuntansi dan pembukuan
- Kegunaan informasi akuntansi
- Pemakai informasi akuntansi
- Spesialisasi Bidang bidang akuntansi
- Profesi akuntansi
- Etika profesi akuntan
- Perbedaan antara IFRS dan PSAK
D.
Pendekatan/Model/Metode
1.
Model Pembelajaran Kooperatif
2.
Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.
E.
Langkah- Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
1.
Apersepsi: dosen menjelaskan mengenai silabus perkuliahan selama
satu semester, kemudian menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang aktivitas perusahaan.
|
|
2. Memotivasi:
mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa
tentang kegunaan informasi akuntansi dan penguna informasi akuntansi, profesi
akuntansi
|
|
3.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
4.
Dosen
menjelaskan pencatatan akuntansi dalam perusahaan,
aturan dalam IFRS dan PSAK
|
|
5. Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
6. Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.
Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah
disampaikan.
8.
Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu membuat
makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan secara nyata
dalam kehidupan sebenarnya
|
F.
Media/Sumber Belajar
a.
Media
- LCD
- Power point
- White Board
b.
Sumber Belajar
1. IAI,
2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2. Jerry J. Weygant, Donald.
D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting
Principles. Edisi ke 7
3. Rudianto.
2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1
Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.
Penilaian
a. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 2
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.
Kompetensi
1. Mampu memahami
Konsep Kerangka Dasar Akuntansi
B.
Indikator Kompetensi
Mampu mendeskripsikan
prinsip akuntansi, konsep dasar harga perolehan, fair value, harga pasar,
siklus akuntansi
C.
Materi
- Prinsip prinsip Akuntansi
- Konsep Dasar Harga Perolehan
- Konsep dasar Fair value
- Konsep dasar harga pasar
- Tingkat bunga pasar
- Cost of capital
- Siklus Akuntansi
D. Pendekatan/Model/Metode
1.
Model Pembelajaran Kooperatif
2.
Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.
E.
Langkah- Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
1.
Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan
mahasiswa tentang prinsip-prinsip
akuntansi
|
|
2. Memotivasi:
mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa
tentang siklus akuntansi
|
|
3.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
4.
Dosen
menjelaskan tentang konsep dasar harga perolehan, fair value, harga pasar, cost of capital.
|
|
5. Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
6. Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.
Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah
disampaikan.
|
F.
Media/Sumber Belajar
a.
Media
- LCD
- Power point
- White Board
b.
Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2. Jerry J. Weygant, Donald.
D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting
Principles. Edisi ke 7
3. Rudianto.
2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1
Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.
Penilaian
a. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 3
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.
Kompetensi
Mampu
memahami Persamaan Dasar Akuntansi
B.
Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan konsep keseimbangan
akuntansi, asset, liabilitas, dan equity.
C.
Materi
- Konsep Keseimbangan Akuntansi
- Aset
- Liabilitas
- Equity
D. Pendekatan/Model/Metode
1.
Model Pembelajaran Kooperatif
2.
Metode: diskusi dan pemberian tugas.
E.
Langkah- Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 3
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
1.Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan
mahasiswa tentang konsep keseimbanan
akuntansi
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang persamaan dasar akuntansi
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
4.Dosen
menjelaskan tentang asset, liabilitas, equity.
|
|
5.Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
6. Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
F.
Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah
disampaikan.
|
F. Media/Sumber
Belajar
1.
Media
i.
LCD
ii.
Power point
iii.
White Board
2.
Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2. Jerry J. Weygant, Donald.
D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting
Principles. Edisi ke 7
3. Rudianto.
2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1
Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.
Penilaian
a. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 4
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.Kompetensi
Mampu memahami pembuatan
jurnal, rekening dan posting buku besar
B. Indikator
Kompetensi
Mampu menjelaskan
C. Materi
- Transaksi Keuangan
- Jurnal Umum
- Aturan penjurnalan
- Bentuk Rekening
- Pengelompokkan Rekening
- Aturan pemostingan
D. Pendekatan/Model/Metode
1.
Model Pembelajaran Kooperatif
2.
Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.
E. Langkah-
Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
1.Apersepsi: dosen menjelaskan transaksi keuangan.
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang pencatatan atas transaksi keuangan
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
4.Dosen
menjelaskan jurnal umum, pengelompokan rekening, posting ke Buku besar.
|
|
5.Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
6.Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang
telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu
membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan
secara nyata dalam kehidupan sebenarnya
|
F.
Media/Sumber Belajar
- Media
i.
LCD
ii.
Power point
iii.
White Board
- Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2. Jerry J. Weygant, Donald.
D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting
Principles. Edisi ke 7
3. Rudianto.
2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1
Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.Penilaian
a. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
|
KURIKULUM
|
Tanggal
Revisi :
|
|
Kode
Dokumen : SAP-69324302
|
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 5
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.Kompetensi
Mampu
memahami tahap penjurnalan pada perusahaan jasa
B. Indikator
Kompetensi
Mampu mendeskripsikan
pencatatan jurnal, bentuk jurnal, tata cara penjurnalan
C. Materi
1.
Tahap Pencatatan jurnal
- Bentuk jurnal
3. Penggunaan jurnal
4.
Tatacara penjurnalan
D. Pendekatan/Model/Metode
3.
Model Pembelajaran Kooperatif
4.
Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.
E.
Langkah- Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
1.Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan
mahasiswa tentang pencatatan jurnal
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang penggunaan jurnal
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
4.Dosen
menjelaskan tentang bentuk jurnal, tata cara penjurnalan
|
|
5.Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
6.Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang
telah disampaikan.
|
F.
Media/Sumber Belajar
a.
Media
i.
LCD
ii.
Power point
iii.
White Board
b.
Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2. Jerry J. Weygant, Donald.
D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting
Principles. Edisi ke 7
3. Rudianto.
2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1
Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.
Penilaian
a. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
|
KURIKULUM
|
Tanggal
Revisi :
|
|
Kode
Dokumen : SAP-69324302
|
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 6
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.Kompetensi
Mampu
memahami pengklasifikasian rekening pada perusahaan jasa
B.Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan nama dan kode rekening,
bentuk, sifat dan isi rekening, hubungan jurnal dan buku besar, proses
pemostingan.
C.Materi
Tahap Pengklasifikasian
- Nama dan kode Rekening
- Bentuk, sifat dan Isi Rekening
- Hubungan jurnal dan buku besar
- Proses pemostingan
D.
Pendekatan/Model/Metode
3.
Model Pembelajaran Kooperatif
4.
Metode: diskusi dan pemberian tugas.
E.Langkah- Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
1.Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan
mahasiswa tentang pengklasifikasian
rekening
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang kode rekening
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
4.Dosen
menjelaskan tentang bentuk, sifat dan isi rekening, hubungan jurnal dan buku
besar, proses pemostingan.
|
|
5.Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
6. Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
H.
Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah
disampaikan.
|
F.Media/Sumber Belajar
1.Media
i.
LCD
ii.
Power point
iii.
White Board
2.Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2. Jerry J. Weygant, Donald.
D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting
Principles. Edisi ke 7
3. Rudianto.
2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1
Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.Penilaian
- Teknik penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
- Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
|
KURIKULUM
|
Tanggal
Revisi :
|
|
Kode
Dokumen : SAP-69324302
|
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 7
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.Kompetensi
Mampu memahami tahap
pengikhtisaran pada perusahaan jasa
B.Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan proses
pembuatan neraca saldo, penyebab neraca saldo tidak seimbang.
C.Materi
Tahap Pengikhtisaran
-Proses
pembuatan Neraca Saldo
-Penyebab
ketidakseimbangan Neraca Saldo
D.Pendekatan/Model/Metode
1.Model Pembelajaran Kooperatif
2.Metode: ceramah, diskusi, pemberian
tugas.
E.Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
1.Apersepsi: dosen menjelaskan proses pembuatan neraca saldo.
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang kegunaan neraca saldo
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
4.Dosen
menjelaskan neraca saldo dengan rekening posisi
debet dan kredit, penyebab ketidakseimbangan neraca saldo
|
|
5.Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
6.Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang
telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu
membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan
secara nyata dalam kehidupan sebenarnya
|
F.Media/Sumber Belajar
1.Media
i.
LCD
ii.
Power point
iii.
White Board
2.Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
- Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.
Rudianto. 2009 Pengantar
Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.Penilaian
c. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
d. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
|
KURIKULUM
|
Tanggal
Revisi :
|
|
Kode
Dokumen : SAP-69324302
|
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 9
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.Kompetensi
Mampu memahami neraca
lajur dan jurnal penyesuaian
B.Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan neraca
saldo, ayat jurnal penyesuaian, jurnal koreksi dan neraca saldo setelah
penyesuaian.
C.Materi
Neraca
Lajur dan Jurnal Penyesuaian
1.Neraca Saldo
2.Ayat jurnal penyesuaian
3. Jurnal koreksi
4.Neraca saldo setelah penyesuaian.
D.Pendekatan/Model/Metode
1.
Model Pembelajaran Kooperatif
2.
Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.
E.Langkah- Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
1.Apersepsi: dosen menjelaskan mengenai neraca lajur.
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang komponen yang ada pada neraca lajur
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
4.Dosen
menjelaskan jurnal penyesuaian, jurnal koreksi dan
neraca saldo setelah penyesuaian.
|
|
5.Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
6.Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah
disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu
membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan
secara nyata dalam kehidupan sebenarnya
|
F.Media/Sumber Belajar
1.Media
i.
LCD
ii.
Power point
iii.
White Board
2.Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2.
Jerry
J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.
Rudianto. 2009 Pengantar
Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.Penilaian
a. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
|
KURIKULUM
|
Tanggal
Revisi :
|
|
Kode
Dokumen : SAP-69324302
|
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 10
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.Kompetensi
Mampu memahami
pembuatan laporan keuangan
B.Indikator Kompetensi
Mampu mendeskripsikan
laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan perubahan modal, laporan
rugi laba
C.Materi
Tahap Pelaporan
1. Pengertian Laporan Keuangan
2. Neraca
3. Laporan Rugi Laba
D.Pendekatan/Model/Metode
1.
Model Pembelajaran Kooperatif
2.
Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.
E.Langkah- Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
1.Apersepsi: dosen menjelaskan laporan keuangan.
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang laporan keuangan apa saja yang perlu dibuat
oleh suatu perusahaan
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
1.Apersepsi: dosen menjelaskan pembuatan laporan neraca, laporan
perubahan modal, dan laporan laba rugi.
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang komponen yang ada pada neraca lajur
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
6.Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang
telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu
membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan
secara nyata dalam kehidupan sebenarnya
|
F.Media/Sumber Belajar
1.Media
- LCD
- Power point
- White Board
2.Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
- Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.
Rudianto. 2009 Pengantar
Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.Penilaian
a. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
|
KURIKULUM
|
Tanggal
Revisi :
|
|
Kode
Dokumen : SAP-69324302
|
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 11
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.Kompetensi
Mampu memahami penutupan
buku
B.Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan jurnal
penutup dalam penutupan buku.
C.Materi
Tutup buku
- Jurnal
penutup
D.Pendekatan/Model/Metode
1.Model Pembelajaran Kooperatif
2.Metode: ceramah, diskusi, pemberian
tugas.
E.Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
1.Apersepsi: dosen menjelaskan penutupan buku.
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang komponen dalam penutupan buku
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
4.Dosen
menjelaskan jurnal penutup
|
|
5.Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
6.Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang
telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu
membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan
secara nyata dalam kehidupan sebenarnya
|
F.Media/Sumber Belajar
1.Media
a. LCD
b. Power point
c. White Board
2.Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
- Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.
Rudianto. 2009 Pengantar
Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.Penilaian
e. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
f. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
|
KURIKULUM
|
Tanggal
Revisi :
|
|
Kode
Dokumen : SAP-69324302
|
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 12
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.Kompetensi
Mampu memahami
interpretasi atas laporan keuangan
B.Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan
interpretasi atas laporan keuangan
C.Materi
Tahap interpretasi atas Laporan Keuangan
D.Pendekatan/Model/Metode
1.Model Pembelajaran Kooperatif
2.Metode: ceramah, diskusi, pemberian
tugas.
E.Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
1.Apersepsi: dosen menjelaskan interpretasi atas laporan
keuangan.
|
|
2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan
bertanya kepada mahasiswa tentang
analisa laporan keuangan.
|
|
3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
4.Dosen
menjelaskan interpretasi laporan keuangan.
|
|
5.Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
6.Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang
telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu
membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan
secara nyata dalam kehidupan sebenarnya
|
F.Media/Sumber Belajar
1.Media
i.
LCD
ii.
Power point
iii.
White Board
2.Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
- Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.
Rudianto. 2009 Pengantar
Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.Penilaian
g. Teknik
penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
h. Alat
penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
|
KURIKULUM
|
Tanggal
Revisi :
|
|
Kode
Dokumen : SAP-69324302
|
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Fakultas : Fakultas
Ekonomi
Program
Studi : S-1
Akuntansi
Mata
Kuliah/ SKS : Pengantar
Akuntansi I / 3 SKS
Kode
Mata Kuliah : 69324302
Pertemuan
Ke : 13
Alokasi
Waktu : 3 x 50 menit
A.Kompetensi
Mampu memahami pencatatan
pada perusahaan dagang
B.Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan jurnal
khusus, penggunaan jurnal, tatacara penjurnalan
C.Materi
Tahap
Pencatatan
- Bentuk jurnal khusus
- Penggunaan jurnal
- Tatacara penjurnalan
D.Pendekatan/Model/Metode
1.
Model Pembelajaran Kooperatif
2.
Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.
E.Langkah- Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
Kegiatan
|
|
4.
Apersepsi: dosen menjelaskan tentang perusahaan dagang
|
|
5. Memotivasi:
mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa
tentang jurnal khusus.
|
|
6.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
|
Inti (115 menit)
Kegiatan
|
|
7.Dosen
menjelaskan penggunaan jurnal, tatacara penjurnalan.
|
|
8.Dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan materi, dengan metode kooperatif untuk didiskusikan.
|
Penutup (20 menit)
Kegiatan
|
|
9. Dosen
melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan
dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.
|
|
10. Pemberian
tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.
11. Pemberian
tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu membuat makalah mengenai salah
satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan
sebenarnya
|
F.Media/Sumber Belajar
1.Media
a.LCD
b.Power point
c.White Board
2.Sumber Belajar
- IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
- Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.
Rudianto. 2009 Pengantar
Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
- Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
- Dasar Dasar Akuntansi jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf
G.Penilaian
- Teknik penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
- Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar