BLOG

SEMOGA BLOG INI DAPAT BERMANFAAT, .........

Rabu, 08 Mei 2013

Sap Pengantar Akuntansi 1

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 1
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.     Kompetensi                       
Mampu memahami Akuntansi dan lingkungannya

B.     Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan aktivitas perusahaan dan organisasi, perbedaan akuntansi dan pembukuan, kegunaan informasi akuntansi dan pemakai informasi akuntansi, IFRS dan PSAK

C.     Materi
1.      Aktivitas perusahaan dan organisasi
  1. Perbedaan antara Akuntansi dan pembukuan
  2. Kegunaan informasi akuntansi
  3. Pemakai informasi akuntansi
  4. Spesialisasi Bidang bidang akuntansi
  5. Profesi akuntansi
  6. Etika profesi akuntan
  7. Perbedaan antara IFRS dan PSAK

D.     Pendekatan/Model/Metode
1.      Model Pembelajaran Kooperatif
2.      Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.

E.     Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)

                                         Kegiatan


1.      Apersepsi: dosen menjelaskan mengenai silabus perkuliahan selama satu semester, kemudian menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa  tentang aktivitas perusahaan.

2.      Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang kegunaan informasi akuntansi dan penguna informasi akuntansi, profesi akuntansi

3.      Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.






Inti (115 menit)

Kegiatan


4.      Dosen menjelaskan pencatatan akuntansi dalam perusahaan, aturan dalam IFRS dan PSAK

5.      Dosen  memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi, dengan metode kooperatif  untuk didiskusikan.



Penutup (20 menit)

Kegiatan


6.      Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

7.      Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.
8.      Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan sebenarnya


F.      Media/Sumber Belajar
a.      Media
-       LCD
-       Power point
-       White Board

b.      Sumber Belajar

1.      IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2.      Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.      Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.    Penilaian
a.       Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b.      Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan





 SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 2
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.     Kompetensi                      
1.      Mampu memahami Konsep Kerangka Dasar Akuntansi

B.     Indikator Kompetensi
Mampu mendeskripsikan prinsip akuntansi, konsep dasar harga perolehan, fair value, harga pasar, siklus akuntansi

C.     Materi
  1. Prinsip prinsip Akuntansi
  2. Konsep Dasar Harga Perolehan
  3. Konsep dasar Fair value
  4. Konsep dasar harga pasar
  5. Tingkat bunga pasar
  6. Cost of capital
  7. Siklus Akuntansi

D.     Pendekatan/Model/Metode
1.      Model Pembelajaran Kooperatif
2.      Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.

E.     Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)

                                         Kegiatan


1.      Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa  tentang prinsip-prinsip akuntansi

2.      Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang siklus akuntansi

3.      Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.


Inti (115 menit)

Kegiatan


4.      Dosen menjelaskan tentang konsep dasar harga perolehan, fair value, harga pasar, cost of capital.

5.      Dosen  memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi, dengan metode kooperatif  untuk didiskusikan.


Penutup (20 menit)

Kegiatan


6.      Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

7.      Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.


F.      Media/Sumber Belajar
a.      Media
-       LCD
-       Power point
-       White Board

b.      Sumber Belajar

  1. IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2.      Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.      Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.    Penilaian
a.       Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b.      Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan



nggal Revisi

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 3
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.     Kompetensi                       
Mampu memahami Persamaan Dasar Akuntansi


B.     Indikator Kompetensi
     Mampu menjelaskan konsep keseimbangan akuntansi, asset, liabilitas, dan equity.

C.     Materi
  1. Konsep Keseimbangan Akuntansi
  2. Aset
  3. Liabilitas
  4. Equity

D.     Pendekatan/Model/Metode
1.      Model Pembelajaran Kooperatif
2.      Metode: diskusi dan pemberian tugas.

E.     Langkah- Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3
Pendahuluan (15 menit)


                                         Kegiatan


1.Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa  tentang konsep keseimbanan akuntansi

2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang persamaan dasar akuntansi

3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.


Inti (115 menit)


Kegiatan


4.Dosen menjelaskan tentang asset, liabilitas, equity.

5.Dosen  memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi, dengan metode kooperatif  untuk didiskusikan.


Penutup (20 menit)

Kegiatan


6. Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

F.      Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.


F.      Media/Sumber Belajar
1.      Media
                          i.      LCD
                        ii.      Power point
                      iii.      White Board

2.      Sumber Belajar

  1. IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2.      Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.      Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.    Penilaian
a.       Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b.      Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan























logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi  :

Kode Dokumen           : SAP-69324302

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 4
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.Kompetensi            
Mampu memahami pembuatan jurnal, rekening dan posting buku besar

B.     Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan 

C.     Materi
  1. Transaksi Keuangan
  2. Jurnal Umum
  3. Aturan penjurnalan
  4. Bentuk Rekening
  5. Pengelompokkan Rekening
  6. Aturan pemostingan

D.     Pendekatan/Model/Metode
1.      Model Pembelajaran Kooperatif
2.      Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.

E.     Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)

                                         Kegiatan


1.Apersepsi: dosen menjelaskan transaksi keuangan.

2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang pencatatan atas transaksi keuangan

3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.



Inti (115 menit)

Kegiatan


4.Dosen menjelaskan jurnal umum, pengelompokan rekening, posting ke Buku besar.

5.Dosen  memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi, dengan metode kooperatif  untuk didiskusikan.



Penutup (20 menit)

Kegiatan


6.Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan sebenarnya


F.      Media/Sumber Belajar
  1. Media
                          i.      LCD
                        ii.      Power point
                      iii.      White Board

  1. Sumber Belajar

  1. IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2.      Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.      Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.Penilaian
a.       Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b.      Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan





















logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi  :

Kode Dokumen           : SAP-69324302

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 5
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.Kompetensi            
Mampu memahami tahap penjurnalan pada perusahaan jasa

B.     Indikator Kompetensi
Mampu mendeskripsikan pencatatan jurnal, bentuk jurnal, tata cara penjurnalan

C.     Materi
1.      Tahap Pencatatan jurnal
  1. Bentuk jurnal
3.   Penggunaan jurnal
        4.  Tatacara penjurnalan

D.     Pendekatan/Model/Metode
3.      Model Pembelajaran Kooperatif
4.      Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.

E.     Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)

                                         Kegiatan


1.Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa  tentang pencatatan jurnal

2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang penggunaan jurnal

3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.


Inti (115 menit)

Kegiatan


4.Dosen menjelaskan tentang bentuk jurnal, tata cara penjurnalan

5.Dosen  memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi, dengan metode kooperatif  untuk didiskusikan.




Penutup (20 menit)

Kegiatan


6.Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.


F.      Media/Sumber Belajar
a.      Media
                          i.      LCD
                        ii.      Power point
                      iii.      White Board

b.      Sumber Belajar

  1. IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2.      Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.      Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.    Penilaian
a.       Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b.      Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
























logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi  :

Kode Dokumen           : SAP-69324302

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 6
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.Kompetensi            
Mampu memahami pengklasifikasian rekening pada perusahaan jasa


B.Indikator Kompetensi
     Mampu menjelaskan nama dan kode rekening, bentuk, sifat dan isi rekening, hubungan jurnal dan buku besar, proses pemostingan. 

C.Materi
    Tahap Pengklasifikasian
  1. Nama dan kode Rekening
  2. Bentuk, sifat  dan Isi Rekening
  3. Hubungan jurnal dan buku besar
  4. Proses pemostingan

D. Pendekatan/Model/Metode
3.      Model Pembelajaran Kooperatif
4.      Metode: diskusi dan pemberian tugas.

E.Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)


                                         Kegiatan


1.Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa  tentang pengklasifikasian rekening

2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang kode rekening

3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.


Inti (115 menit)

Kegiatan


4.Dosen menjelaskan tentang bentuk, sifat dan isi rekening, hubungan jurnal dan buku besar, proses pemostingan.

5.Dosen  memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi, dengan metode kooperatif  untuk didiskusikan.


Penutup (20 menit)

Kegiatan


6. Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

H.     Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.


F.Media/Sumber Belajar
1.Media
                          i.      LCD
                        ii.      Power point
                      iii.      White Board
   
    2.Sumber Belajar

  1. IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2.      Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.      Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.Penilaian
  1. Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
  1. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan





















logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi  :

Kode Dokumen           : SAP-69324302

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 7
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.Kompetensi            
Mampu memahami tahap pengikhtisaran pada perusahaan jasa

B.Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan proses pembuatan neraca saldo, penyebab neraca saldo tidak seimbang.

C.Materi
Tahap Pengikhtisaran
-Proses pembuatan Neraca Saldo
-Penyebab ketidakseimbangan Neraca Saldo


D.Pendekatan/Model/Metode
1.Model Pembelajaran Kooperatif
      2.Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.

E.Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)

                                         Kegiatan

1.Apersepsi: dosen menjelaskan proses pembuatan neraca saldo.

2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang kegunaan neraca saldo

3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.



Inti (115 menit)

Kegiatan

4.Dosen menjelaskan neraca saldo dengan rekening posisi debet dan kredit, penyebab ketidakseimbangan neraca saldo

5.Dosen  memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi, dengan metode kooperatif  untuk didiskusikan.



Penutup (20 menit)

Kegiatan

6.Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan sebenarnya


F.Media/Sumber Belajar
    1.Media
                          i.      LCD
                        ii.      Power point
                      iii.      White Board

    2.Sumber Belajar

  1. IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
  2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.                        Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.Penilaian
c.       Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
d.      Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan





























logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi  :

Kode Dokumen           : SAP-69324302

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 9
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.Kompetensi            
Mampu memahami neraca lajur dan jurnal penyesuaian

B.Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan neraca saldo, ayat jurnal penyesuaian, jurnal koreksi dan neraca saldo setelah penyesuaian.

C.Materi
Neraca Lajur dan Jurnal Penyesuaian
 1.Neraca Saldo
 2.Ayat jurnal penyesuaian
     3. Jurnal koreksi
     4.Neraca saldo setelah penyesuaian.


D.Pendekatan/Model/Metode
1.      Model Pembelajaran Kooperatif
2.      Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.

E.Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)

                                         Kegiatan

1.Apersepsi: dosen menjelaskan mengenai neraca lajur.

2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang komponen yang ada pada neraca lajur

3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.



Inti (115 menit)

Kegiatan


4.Dosen menjelaskan jurnal penyesuaian, jurnal koreksi dan neraca saldo setelah penyesuaian.

5.Dosen  memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi, dengan metode kooperatif  untuk didiskusikan.



Penutup (20 menit)

Kegiatan

6.Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan sebenarnya


F.Media/Sumber Belajar
   1.Media
                          i.      LCD
                        ii.      Power point
                      iii.      White Board

   2.Sumber Belajar

  1. IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
2.                        Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.                        Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.Penilaian
a.       Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b.      Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan
























logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi  :

Kode Dokumen           : SAP-69324302

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 10
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.Kompetensi            
    Mampu memahami pembuatan laporan keuangan

B.Indikator Kompetensi
Mampu mendeskripsikan laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan perubahan modal, laporan rugi laba

C.Materi
    Tahap Pelaporan
1. Pengertian Laporan Keuangan
2. Neraca
3. Laporan Rugi Laba

D.Pendekatan/Model/Metode
1.      Model Pembelajaran Kooperatif
2.      Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.

E.Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)

                                         Kegiatan

1.Apersepsi: dosen menjelaskan laporan keuangan.

2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang laporan keuangan apa saja yang perlu dibuat oleh suatu perusahaan

3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.



Inti (115 menit)

Kegiatan

1.Apersepsi: dosen menjelaskan pembuatan laporan neraca, laporan perubahan modal, dan laporan laba rugi.

2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang komponen yang ada pada neraca lajur

3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.





Penutup (20 menit)

Kegiatan

6.Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan sebenarnya


F.Media/Sumber Belajar
   1.Media
       - LCD
       - Power point
       - White Board

   2.Sumber Belajar

  1. IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
  2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.                        Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.Penilaian
a.       Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
b.      Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan

























logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi  :

Kode Dokumen           : SAP-69324302

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 11
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.Kompetensi            
Mampu memahami penutupan buku  

B.Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan jurnal penutup dalam penutupan buku.

C.Materi
Tutup buku
     - Jurnal penutup

D.Pendekatan/Model/Metode
1.Model Pembelajaran Kooperatif
      2.Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.

E.Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)

                                         Kegiatan

1.Apersepsi: dosen menjelaskan penutupan buku.

2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang komponen dalam penutupan buku

3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.



Inti (115 menit)

Kegiatan

4.Dosen menjelaskan jurnal penutup

5.Dosen  memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi, dengan metode kooperatif  untuk didiskusikan.


Penutup (20 menit)

Kegiatan

6.Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan sebenarnya


F.Media/Sumber Belajar
    1.Media
      a. LCD
      b. Power point
      c. White Board

    2.Sumber Belajar

  1. IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
  2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.                        Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.Penilaian
e.       Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
f.       Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan

































logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi  :

Kode Dokumen           : SAP-69324302

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 12
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.Kompetensi            
Mampu memahami interpretasi atas laporan keuangan

B.Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan interpretasi atas laporan keuangan

C.Materi
Tahap interpretasi atas Laporan Keuangan

D.Pendekatan/Model/Metode
1.Model Pembelajaran Kooperatif
      2.Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.

E.Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)

                                         Kegiatan

1.Apersepsi: dosen menjelaskan interpretasi atas laporan keuangan.

2.Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang  analisa laporan keuangan.

3.Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.



Inti (115 menit)

Kegiatan

4.Dosen menjelaskan interpretasi laporan keuangan.

5.Dosen  memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi, dengan metode kooperatif  untuk didiskusikan.



Penutup (20 menit)

Kegiatan

6.Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

7.Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.
8.Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan sebenarnya


F.Media/Sumber Belajar
    1.Media
                          i.      LCD
                        ii.      Power point
                      iii.      White Board

    2.Sumber Belajar

  1. IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
  2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.                        Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.Penilaian
g.       Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
h.      Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan

































logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi  :

Kode Dokumen           : SAP-69324302

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                                   : Fakultas Ekonomi
Program Studi                         : S-1 Akuntansi
Mata Kuliah/ SKS                   : Pengantar Akuntansi I / 3 SKS
Kode Mata Kuliah                  : 69324302
Pertemuan Ke                         : 13
Alokasi Waktu                        : 3 x 50 menit


 


A.Kompetensi            
Mampu memahami pencatatan pada perusahaan dagang

B.Indikator Kompetensi
Mampu menjelaskan jurnal khusus, penggunaan jurnal, tatacara penjurnalan

C.Materi
Tahap Pencatatan
         - Bentuk jurnal khusus
         - Penggunaan jurnal
         - Tatacara penjurnalan


D.Pendekatan/Model/Metode
1.      Model Pembelajaran Kooperatif
2.      Metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas.

E.Langkah- Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)

                                         Kegiatan

4.      Apersepsi: dosen menjelaskan tentang perusahaan dagang

5.      Memotivasi: mahasiswa menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang  jurnal khusus.

6.      Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.



Inti (115 menit)

Kegiatan


7.Dosen menjelaskan penggunaan jurnal, tatacara penjurnalan.

8.Dosen  memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi, dengan metode kooperatif  untuk didiskusikan.





Penutup (20 menit)

Kegiatan

9.      Dosen melakukan refleksi untuk menguji pemahaman materi yang telah disampaikan dengan pertanyaan langsung dan memberikan kesimpulan singkat.

10.  Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.
11.  Pemberian tugas yang terkait dengan tugas kelompok,yaitu membuat makalah mengenai salah satu bentuk perusahaan yang diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan sebenarnya


F.Media/Sumber Belajar
    1.Media
a.LCD
b.Power point
c.White Board

   2.Sumber Belajar

  1. IAI, 2009, Stándar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
  2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2005, Accounting Principles. Edisi ke 7
3.                        Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA.
  1. Akuntansi : Suatu Pengantar 1 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  2. Akuntansi : Suatu Pengantar 2 (ed. 5) oleh Soemarso SR, 2003
  3. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 1 oleh Al – Haryono Yusuf
  4. Dasar Dasar Akuntansi  jilid 2 oleh Al – Haryono Yusuf

G.Penilaian
  1. Teknik penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran
  1. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar